Sabtu, 31 Maret 2012

Gangguan kepribadian


Apa si gangguan kepribadian itu ?
Gangguan kepribadian adalah pola pola perilaku maladatif yang sifatnya kronis ,dan sepenuhnya tidak merasakan bahwa dirinya mengalami gangguan (meyer dan salmon ,1984),
Beberapa cirri lain penderita gangguan kepribadian antara lain :
Kepribadian menjadi tidak fleksibel,tidak wajar atau tidak dewasa dalam mengahadapi stress atau di dalam memecahkan masalah.
Beberpa bentuk gangguan kepribadian :
A .Narsistik
Narsistik atau cinta pada diri sendiri di gambarkan sebagai orang yang memiliki rasa penting diri yang melambung dan di penuhi dengan khlayan khalyan sukses ,selalu mencari pujian serta perhatian .serta tidak peka terhadap kebutuhan orang lain ,malahan sering mengekplotasinya (atkinso ,dkk,1992)
B .Kepribadian antisocial
Dari beberapa gangguan kepribadian ,kepribadian antisocial atau biasa dengan istilah psikopath.para penderita pada umumnya sedikit sekali memiliki tanggung jawab dan perhatian terhadap orang lain.mereka hanya mementingkan dirinya sendiri.mereka tidak menggunakan hati nuraninya.
Kepribadian antisocial sebenrnya merupakan istilah yang tidak tepat.karena cirri cirri penderita tidak menggambarkan perilaku atau tindakan antisocial.
Dua cirri yang paling umum penderita kepribadian antisocial adalah tidak di milikinya rasa cinta (empati yang sangat kurang ,tidak setia ) dan perasaan bersalah atau guikty feeling (Atkinson.dkk,1992) 

sumber : B.p .dwi riyanti,hendro prabowoo,psikologi umum2,1998,jakarta.



1 komentar:

  1. oh jadi itu salah satu gangguan kepribadian?? ,. bagus juga untuk menambah ilmu pengetahuan saya dalam bidang psikologi
    terima kasih ya. ..;-)

    BalasHapus